DESIGN THINKING BERBANTUAN SMART BOX PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO DI SMP

Authors

  • Desy Fitriani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suntoko Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Seli Mauludani Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode design thinking berbantuan media smart box dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Caringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, yang membandingkan dua kelompok yang dipilih secara tidak acak. Semua siswa kelas VIII masuk kedalam populasi penelitian. Sampel dipilih secara sengaja (purposive sampling), yaitu kelas VIII-9 sebagai kelompok eksperimen (32 siswa) dan VIII-10 sebagai kelompok kontrol (32 siswa). Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan observasi. Hasil uji statistik dengan independent t-test menunjukkan nilai signifikansi <0,001, lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks pidato dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 setelah penerapan metode design thinking berbantuan smart box. Kata Kunci: Design thinking, smart box, kemampuan menulis, pidato 

Downloads

Published

2025-09-30