Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 3 Tahun)
Abstract
Pemerolehan bahasa pada anak usia dini disebabkan oleh berbagai hal, para pakar telah banyak melakukan kajian dengan cara memperbandingkan dengan faktor-faktor penyebabbnya, seperti faktor lingkungan bahasa, perkembangan kognitif, dan kemampuan dasar yang dimiliki secara bawaan oleh seorang anak. Pada penelitian ini upaya tersebut dilakukan kembali dengan menggunakan anak usia 3 tahun sebagai sumber data penelitiannya. Upaya tersebut menggunakan tiga pendekatan penelitian yaitu dari segi bunyi dengan menggunakan pendekatan fonologi, penguasaan pembentukan kata dengan menggunakan pendekatan morfologi, dan dari segi kemampuan produksi kata dengan menggunakan pendekatan sintaksis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi yang terdiri dari simak, libat, rekam, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik padan dan agih meliputi identifikasi data, klasifikasi data, penyajian atau pendeskripsian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan, yaitu pada tataran fonologi, subjek penelitian sudah memperoleh bunyi vokal, konsonan, diftong, dan kluster. Kemudian, pada tataran morfologi, subjek penelitian sudah mampu menghasilkan bentuk kata berupa afiksasi, reduplikasi, abreviasi, dan komposisi dengan cukup baik. Selanjutnya, pada tataran sintaksis menunjukkan adanya kemapuan MLU (mean length of utterance) pada subjek penelitian masuk ke dalam kategori IX yang terbilang normal dikuasai oleh anak berusia 3 tahun. Kata Kunci: Pendekatan psikolinguistik, pemerolehan bahasa, anak usia 3 tahunDownloads
Published
2025-12-27
Issue
Section
Articles






