PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP PGRI 9 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

ARMAH ARMAH

Abstract


Armah, NIM 208311013, Pengaruh Media Audio Visual Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP
PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013, Jurusan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Medan.
Penelitan ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII
SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei
Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 152 orang,
sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (random
sampling) adalah 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40
orang lainnya untuk kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan
dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran menulis
teks berita dengan menggunakan media audio visual atau kelas
eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis teks
berita dengan menggunakan media gambar atau kelas kontrol (Y). Dari
perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas
eksperimen adalah 80,62, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,87.
Dengan demikian, diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis
teks berita kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari
perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 6,064, selanjutnya
diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,81. Selanjutnya diperoleh
ttabel pada taraf signifikan 1% = 3,48. Kriteria pengujian adalah jika
harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel maka
dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian,
terbukti bahwa thitung > ttabel (2,81 < 6,064 > 3,48). Ini berarti H0 ditolak
dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif),
yakni “kemampuan menulis teks berita siswa yang diajar dengan
menggunakan media audio visual lebih baik daripada kemampuan
menulis teks berita siswa yang diajar dengan menggunakan media
gambar” diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks
berita siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun
Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Menulis Teks Berita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v1i2.956

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 ARMAH ARMAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License