PENGGUNAAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahan
yang signifikan dari penggunaan teknik peta pikiran (mind mapping)
dalam kemampuan menulis karya ilmiah. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi dengan
jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang
diambil dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil
populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group
pre-test post-test yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok).
Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu
sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Mapping) -Menulis Karya Ilmiah
yang signifikan dari penggunaan teknik peta pikiran (mind mapping)
dalam kemampuan menulis karya ilmiah. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi dengan
jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang
diambil dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil
populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group
pre-test post-test yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok).
Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu
sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Mapping) -Menulis Karya Ilmiah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v1i3.965
Article Metrics
Abstract view : 520 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jenny Desliana Br Situmorang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License