PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KALIMAT KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Marlina Pangapoi, NIM 208111057. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Kalimat Konsep terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi oleh Siswa Kelas
X SMA Swasta Josua Tahun pembelajaran 2012/2013. Skripsi. Medan. Jurusan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep terhadap kemampuan menulis karangan
deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Josua Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel
penelitian berjumlah 60 orang dari 160 populasi yang ada. Ampel diambil dari populasi yang
terdiri dari empat kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk
penugasan yaitu menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group only post test design.
Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72,16,
standar deviasi = 8,54 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 18 orang atau 60%,
kategori cukup sebanyak 25% sebanyak 10 orang. Nilai rata-rata kelompok kontrol adalah
59,33, standar deviasi 7,83 dan termasuk kategori baik sebanyak 3 orang atau 10%. Kategori
cukup sebanyak 20 orang atau 67%.Dengan demikian kemampuan kelompok eksperimen
lebih tinggi daripada kelompok kontrol dalam menulis karangan deskripsi.
Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5,
940 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 60 maka diperoleh ttabel = 1,6710. Jadi,
thitung>ttabel , 5, 940 > 1,6710 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat
kosep dalam menulis karangan deskripsi.
Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
kalimat konsep berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan
deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep, menulis karangan deskripsi
Kalimat Konsep terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi oleh Siswa Kelas
X SMA Swasta Josua Tahun pembelajaran 2012/2013. Skripsi. Medan. Jurusan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep terhadap kemampuan menulis karangan
deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Josua Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel
penelitian berjumlah 60 orang dari 160 populasi yang ada. Ampel diambil dari populasi yang
terdiri dari empat kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk
penugasan yaitu menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group only post test design.
Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72,16,
standar deviasi = 8,54 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 18 orang atau 60%,
kategori cukup sebanyak 25% sebanyak 10 orang. Nilai rata-rata kelompok kontrol adalah
59,33, standar deviasi 7,83 dan termasuk kategori baik sebanyak 3 orang atau 10%. Kategori
cukup sebanyak 20 orang atau 67%.Dengan demikian kemampuan kelompok eksperimen
lebih tinggi daripada kelompok kontrol dalam menulis karangan deskripsi.
Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5,
940 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 60 maka diperoleh ttabel = 1,6710. Jadi,
thitung>ttabel , 5, 940 > 1,6710 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat
kosep dalam menulis karangan deskripsi.
Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
kalimat konsep berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan
deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep, menulis karangan deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v1i3.966
Article Metrics
Abstract view : 95 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 MARLINA PANGAPOI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License