PENERAPAN METODE PANGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode imaji (image streaming) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 280 orang yang terbagi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming) adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalam kategori cukup. Perhitungan uji hipotesis diperoleh to = 2,02 yang dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; pada tabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan 1% = 2,02. Artinya to yang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02. Dengan demikian, Ha diterima. Artinya metode imaji (image streaming) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulis karangan narasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming) adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalam kategori cukup. Perhitungan uji hipotesis diperoleh to = 2,02 yang dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; pada tabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan 1% = 2,02. Artinya to yang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02. Dengan demikian, Ha diterima. Artinya metode imaji (image streaming) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulis karangan narasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v1i3.991
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 MARYAM SIREGAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License