KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA BERDASARKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • REZA PAHLEVI

DOI:

https://doi.org/10.24114/kjb.v2i1.996

Abstract

Penelitian yang berjudul œKemampuan Menulis ParagrafDeskripsi Siswa Berdasarkan Media Audiovisual Pada SiswaKelas X SMA Negeri 1 Babalan. Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutamamengembangkan paragraf deskripsi berdasarkan mediaaudiovisual.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini dilakukan denganmemberikan tugas mengarang deskripsi berdasarkan mediaaudiovisual kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalahpetunjuk dan batasan membuat paragraph deskripsi. Objekpenelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai daripenggambaran objek, imajinasi, diksi, koherensi, dan EYD.Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1Babalan sebanyak 30 orang dari jumlah siswa kelas X sebanyak211 orang.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan merekadalam mengembangkan karangan tersebut masih cukup. Dilihatdari segi persentase, siswa memperoleh nilai pada kategori sangatbaik 2 orang atau 6,67%, kategori baik 5 orang atau 16,66%,kategori cukup 19 orang atau 63,33%, kategori kurang 2 orangatau 6,67% dan sisanya 2 orang atau 6,,67% sangat kurang.Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah 62. Dengandemikian kemampuan meulis paragraf deskripsi siswa berdasarkan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2012/2013 tergolong cukup.Kata kunci: Media audiovisual, paragraf deskripsi, kemampuanmenulis

Downloads

Issue

Section

Articles