PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN SUKARAMAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

RIRIN AYU WULANDARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
teknik pembelajaran ice breaker dan teknik pembelajaran konvensional
terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta
Pahlawan Sukaramai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian
tersebut data diambil dari 68 sampel yang berasal dari 128 populasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain Two Group Posttest Desain. Instrumen yang digunakan
adalah tes menulis pantun dalam bentuk tes esai.
Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to = 5,02 yang
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan
df = (N1+N2) – 2 = (34 +34) – 2 = 66. Pada tabel t dengan df 66
diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65.
Artinya to yang diperoleh lebih besar dari ttsbel, yaitu 2,00<5,02>2,65.
Dengan demikian, Ha diterima artinya teknik pembelajaran ice breaker
berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII
SMP Swasta Pahlawan Sukaramai Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: teknik pembelajaran ice breaker, konvensional, menulis pantun

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v2i1.998

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 RIRIN AYU WULANDARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License