RAGAM BAHASA TULIS : STUDI KASUS KESALAHAN PENULISAN MAKALAH SISWA KELAS XII SMA TAMANSISWA MEDAN
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan makalah siswa kelas XII SMA Tamansiswa Medan. Kesalahan penulisan termasuk kesalahan tipografi (huruf miring dan tebal), tanda baca, kesalahan kalimat yang koheren ke dalam paragraf dan kesalahan dalam penulisan makalah yang sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif. Dalam penelitian bahasa, metode penelitian deskriptif cenderung digunakan dalam penelitian kualitatif, terutama dalam mengumpulkan data dan kemudian mendeskripsikan data secara ilmiah. Hasil data yang telah dianalisis oleh peneliti dari penulisan makalah siswa kelas XII SMA Tamansiswa Medan tahun ajaran 2018/2019 diperoleh data (1) kesalahan dalam huruf miring dan huruf tebal berjumlah 86 kesalahan. (2) kesalahan dalam penggunaan tanda baca sebanyak 42 kesalahan, (3) kesalahan dalam kalimat yang koheren dan paragraf berjumlah 37 kesalahan (4) kesalahan sistematis dalam makalah yang berjumlah 6 kesalahan. Solusi yang dibuat oleh peneliti untuk meningkatkan keberhasilan penulisan makalah (1) menggerakkan kesadaran literasi (menulis dan membaca) dari kegiatan ini akan timbul ide atau pemikiran yang dapat diekspresikan melalui lisan dan tulisan, (2) pelatihan penulisan makalah yang benar teknik dengan memberikan contoh dan referensi buku untuk menjadi panduan mereka, (3) menugaskan dan mengevaluasi.
Keywords
Ragam Bahasa tertulis, Kesalahan, Makalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.22002
Article Metrics
Abstract view : 1009 timesPDF - 7012 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.