RAGAM BAHASA TULIS : STUDI KASUS KESALAHAN PENULISAN MAKALAH SISWA KELAS XII SMA TAMANSISWA MEDAN

Suhariyanti Suhariyanti

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan makalah siswa kelas XII SMA Tamansiswa Medan. Kesalahan penulisan termasuk kesalahan tipografi (huruf miring dan tebal), tanda baca, kesalahan kalimat yang koheren ke dalam paragraf dan kesalahan dalam penulisan makalah yang sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif. Dalam penelitian bahasa, metode penelitian deskriptif cenderung digunakan dalam penelitian kualitatif, terutama dalam mengumpulkan data dan kemudian mendeskripsikan data secara ilmiah. Hasil data yang telah dianalisis oleh peneliti dari penulisan makalah siswa kelas XII SMA Tamansiswa Medan tahun ajaran 2018/2019 diperoleh data (1) kesalahan dalam huruf miring dan huruf tebal berjumlah 86 kesalahan. (2) kesalahan dalam penggunaan tanda baca sebanyak 42 kesalahan, (3) kesalahan dalam kalimat yang koheren dan paragraf berjumlah 37 kesalahan (4) kesalahan sistematis dalam makalah yang berjumlah 6 kesalahan. Solusi yang dibuat oleh peneliti untuk meningkatkan keberhasilan penulisan makalah (1) menggerakkan kesadaran literasi (menulis dan membaca) dari kegiatan ini akan timbul ide atau pemikiran yang dapat diekspresikan melalui lisan dan tulisan, (2) pelatihan penulisan makalah yang benar teknik dengan memberikan contoh dan referensi buku untuk menjadi panduan mereka, (3) menugaskan dan mengevaluasi.

Keywords


Ragam Bahasa tertulis, Kesalahan, Makalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.22002

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 2526 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.