IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS PENGEMBANGAN PROYEK TRADE MALL DI INDONESIA

Henry Kusnadi

Abstract


ektor properti merupakan sekior yang berperan penting dalam
menggerakkan roda perekonomian nasional. Di Indonesia sektor properti merupakan
bisnis yang sangat diminati oleh pelaku konstruksi, dimana 60% penawaran proyek
properti komersial umumnya diserap oleh pasar. Proyek-proyek properti komersial
yang ditawarkan dan diminati pelaku konsiruksi, antara lain apariemen, hotel,
kanior, pusat perbelanjaanl 'shopping mall' dan perumahan. Dan diantara proyek
properti komersial iersebui, properti jenis 'shopping mall'I perbelanjaan merupakan
proyek yang memiliki tingkat penyerapan pasar tertinggi. Femonena yang ada saat
ini dalam mengembangkan proyek properti jenis perbelanjaan adalah dengan
menggunakan sistem strata title yang kemudian lebih dikenal dengan nama trade
mall, yang dapai memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak yaitu
pengembang dan Iembaga keuangan, hal ini karena sistem ini memberikan kepastian
adanya cashflow!pendapatan yang akan diperoleh dari sistem penjualan unit-unit
ruang pada trade mall tersebut. Akan ietapi, ditinjau dari sisi pengembang,
keuntungan yang diberikan tersebut masih sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh
beberapa Jaktor dominan yang juga mempunyai keterkaitan saiu sama lainnya.
Tujuan dari paper ini adalah untuk mengidentifikasi Jaktor-Jaktor apa saja yang
mempunyai pengaruh dalam menentukan tingkat profitabilitas pengembangan
proyek trade mall di Indonesia. Metode analisis yang digunakan pada peneliiian ini
adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Jaktor-Jaktor yang menjadi penentu tingkat profitabilitas pengembangan
proyek trade mall di Indonesia adalah harga jual dan tingkat penjualan. Kedua
Jaktor ini dipengaruhi oleh Jaktor turunan yang terdiri dari: lokasi dan aksesbilitas,
Iuas bangunan, prosentase anchor tenant, reputasi developer, Jasilitas dan konsep
pengembangan dan tingka: harga iual


Keywords


trade mall, profitabilitas, harga jual, tingkat penjualan.

Full Text:

PDF

References


Galaty, Fillmore W., (1991). Modern Real Estate

Practise, Chicago: Real Estate Education

Company.

M. Nur Nasution. (2004). Manajemen /asa

Terpadu. Ghalia Indonesia. Bogor.

Mahmud, Nasiruddin (2011). Analisis Pasar

Properti, Pemahaman Pasar Properti.

Rafitas, A. B. 2005. Kiat Sukses Bisnis Broker

Properti. Bumi Aksara, Jakarta.

Shilling, James. D., (2002). Real Estate 13th

edition. Southern-West Thomson Learning,

University of Wisconsin.

Swasta dan Handoko, T. Hani. (2000).

Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku

Konsumen.

Tjiptono, Fandy, (2002), Strategi Pemasaran.

Andi. Yogyakarta.

Saputra, A. 1999. "Pengaruh Sistematis dan

Likuiditas Terhadap Pengembalian Saham

Badan-Badan Usaha yang Go-Publik di Bursa

Efek Jakarta Pada Tahun 1999".

http:// pusli tpetra. ac.id/journa I s/rnanagemen


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 316 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.