REUTULISASI SEDIMEN HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEBAGAI MATERIAL BARU DALAM PEKERJAAN PEMBANGUNAN }ALAN
Keywords:
Sedimen hasil pengerukan, kadar polusi, karakteristik mekanik, karakteris tik kimia, TCLPAbstract
Penelitian ini merupakan tahap awal dalam wacana pengumpulandata limbah pelabuhan terutama sedimen hasil pekerjaan pengerukan.Penelitian direalisasikan dengan tujuan: (1) mengidentifikasi karakteristikfisik dan kimia dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan, (2) Mengetahuikadar polusi yang terkandung dari bahan penelitian, (3) Menganalisa reaksiyang dimunculkan dari bahan penelitian apabila dicampur dengan bahanpengikat umum (semen, kapur), (5) mengidentifikasi karakteristik mekanikdari sampel hasil campuran bahan penelitian dengan bahan pengikat yang umumnya digunakan dalam pekerjaan pembangunan. Sediment yangdigunakan dalam penelitian ini adalah sedimen Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Hasil percobaan TCLP, menunjukkan bahwa tingkat polusidari sedimen tergantung lokasi dimana sedimen tersebut dikeruk, dimanadari kadar polusi, sedimen Pelabuhan Belawan dapat dikategorikan sebagailimbah berbahaya dengan kadar Copper (Cu) dan Cadmium (Cd) yang cukuptinggi. Penggunaan bahan pengikat (semen dan kapur) dalam campuran, imenunjukan berbagai ragam peningkatan performa dari sedimen, hasilpenlitian menunjukkan bahwa kadar polusi berpengaruh negatif terhadap peningkatan performa yang dihasilkan.References
Colin 0 (2004) Valorisation des sediments
fins de dragage en technique rouiiere Tesis
Ooktor, l'Universite de Caen, 323
halaman [2] Situmorang, M., Sinaga,.M.,
Tarigan, O.A., Sitorus, C.J, dan Tobing,
A.M.L., (2011), The Affectivity of
Innovated Chemistry Learning
Javad BEHMANESH (2008) Etude de la
durabiliie d'un sediment, iraite au cimeni et
additifs. Tesis Ooktor, l'Universite de
Caen. 214 halaman
Silitonga E., Levacher 0., Mezazigh S.,
(2009) Effects of the use of fly ash as a binder
on the mechanical behaviour of treated
dredged sediments; Environmental
Technology, Volume 3 Published by
Taylor and Francis Group.
[ 4] Duan ZHIBO (2008) Caracterisation,
stabilisation et solidification de sediment
marin; Tesis Ooktor, Universite de Caen,
halaman
Detzner, H. 0., A. Netzband, et al. (2004)
Dredged Material Management in Hambur,
Terra et Aqua 96(September): 3-14
Heise, S., E. Claus, et al. (2005) Studie zur
Schadstoffbelastung der Sedimente tm
Elbeeinzugsgebiet. Ursachen und Trends.
Hamburg, Hamburg Port Authority: 195
Silitonga E., Shrivastava A., Levacher 0.
(2008) Influence of fly ash addition on the
mechanical properties of treated dredged
material. Proceeding of International
Symposium on Sediment Management,
Lille, France, 9-11Juillet2009
Silitonga E., Mezazigh S., Levacher 0.
(2008) Investigating the influence of dredged
material stabilized by pozzolanic binders on
geotechnical properties. Proceeding of
Xemes [ournees Nationales Genie Cotler-
Genie Civil, Sophia Antipolis, France, 14-
Octobre 2008.
Silitonga E., Levacher 0., Mezazigh S.,
(2009) Effects of the use of fly ash as a binder
on the mechanical behaviour of treated
dredged sediments; Environmental
Technology, Volume 3 Published by
Taylor and Francis Group
Ernesto SILITONGA Valorisation des
sediments marins contamines par
solidification/ stabilisation a base de liants
hydrauliques et de [umee de silice » Tesis
Doktor, Universite de Caen, 267 ha!
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Ernesto Silitonga, Syaifatun Siregar, Nono Sebayang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.