REUTULISASI SEDIMEN HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEBAGAI MATERIAL BARU DALAM PEKERJAAN PEMBANGUNAN }ALAN

Authors

  • Ernesto Silitonga
  • Syaifatun Siregar
  • Nono Sebayang

Keywords:

Sedimen hasil pengerukan, kadar polusi, karakteristik mekanik, karakteris tik kimia, TCLP

Abstract

Penelitian ini merupakan tahap awal dalam wacana pengumpulandata limbah pelabuhan terutama sedimen hasil pekerjaan pengerukan.Penelitian direalisasikan dengan tujuan: (1) mengidentifikasi karakteristikfisik dan kimia dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan, (2) Mengetahuikadar polusi yang terkandung dari bahan penelitian, (3) Menganalisa reaksiyang dimunculkan dari bahan penelitian apabila dicampur dengan bahanpengikat umum (semen, kapur), (5) mengidentifikasi karakteristik mekanikdari sampel hasil campuran bahan penelitian dengan bahan pengikat yang umumnya digunakan dalam pekerjaan pembangunan. Sediment yangdigunakan dalam penelitian ini adalah sedimen Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Hasil percobaan TCLP, menunjukkan bahwa tingkat polusidari sedimen tergantung lokasi dimana sedimen tersebut dikeruk, dimanadari kadar polusi, sedimen Pelabuhan Belawan dapat dikategorikan sebagailimbah berbahaya dengan kadar Copper (Cu) dan Cadmium (Cd) yang cukuptinggi. Penggunaan bahan pengikat (semen dan kapur) dalam campuran, imenunjukan berbagai ragam peningkatan performa dari sedimen, hasilpenlitian menunjukkan bahwa kadar polusi berpengaruh negatif terhadap peningkatan performa yang dihasilkan.

References

Colin 0 (2004) Valorisation des sediments

fins de dragage en technique rouiiere Tesis

Ooktor, l'Universite de Caen, 323

halaman [2] Situmorang, M., Sinaga,.M.,

Tarigan, O.A., Sitorus, C.J, dan Tobing,

A.M.L., (2011), The Affectivity of

Innovated Chemistry Learning

Javad BEHMANESH (2008) Etude de la

durabiliie d'un sediment, iraite au cimeni et

additifs. Tesis Ooktor, l'Universite de

Caen. 214 halaman

Silitonga E., Levacher 0., Mezazigh S.,

(2009) Effects of the use of fly ash as a binder

on the mechanical behaviour of treated

dredged sediments; Environmental

Technology, Volume 3 Published by

Taylor and Francis Group.

[ 4] Duan ZHIBO (2008) Caracterisation,

stabilisation et solidification de sediment

marin; Tesis Ooktor, Universite de Caen,

halaman

Detzner, H. 0., A. Netzband, et al. (2004)

Dredged Material Management in Hambur,

Terra et Aqua 96(September): 3-14

Heise, S., E. Claus, et al. (2005) Studie zur

Schadstoffbelastung der Sedimente tm

Elbeeinzugsgebiet. Ursachen und Trends.

Hamburg, Hamburg Port Authority: 195

Silitonga E., Shrivastava A., Levacher 0.

(2008) Influence of fly ash addition on the

mechanical properties of treated dredged

material. Proceeding of International

Symposium on Sediment Management,

Lille, France, 9-11Juillet2009

Silitonga E., Mezazigh S., Levacher 0.

(2008) Investigating the influence of dredged

material stabilized by pozzolanic binders on

geotechnical properties. Proceeding of

Xemes [ournees Nationales Genie Cotler-

Genie Civil, Sophia Antipolis, France, 14-

Octobre 2008.

Silitonga E., Levacher 0., Mezazigh S.,

(2009) Effects of the use of fly ash as a binder

on the mechanical behaviour of treated

dredged sediments; Environmental

Technology, Volume 3 Published by

Taylor and Francis Group

Ernesto SILITONGA Valorisation des

sediments marins contamines par

solidification/ stabilisation a base de liants

hydrauliques et de [umee de silice » Tesis

Doktor, Universite de Caen, 267 ha!

Downloads

Published

2018-11-01

Issue

Section

VOL 13, NO 1 (2013): JURNAL PENELITIAN SAINTIKA