PENGARUH KUALITAS AIR SUMUR GALI DAN PEMBUANGAN SAMPAH TERHADAP KEJADIAN DIARE DI DESA TANJUNG ANUM KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

Malemta Tarigan, Seri Asnawati Munthe

Abstract


Sumur gali mudah terkontaminasi oleh bakteri dari sumber pencemaran, apalagi air sumur tersebut dekat dengan pembuangan akhir sampah. Pencemaran ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, penyakit  diare dan lain sebagainya. Selain hal tersebut sampah juga dapat menjadi tempat perindukan vector seperti lalat dan tikus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas mikrobiologis danpembuangan sampah terhadap kejadian diare  di desa Tanjung Anum.   Penelitian ini menggunakan desain penelitian  cross sectional, dengan populasi adalah seluruh KK yang memiliki balita dan sumur gali di desa Tanjung Anum  Data yang terkumpul diolah secara manual dengan bantuan computer dan dianalisa secara statistic dengan uji Chi square dengan tingkat kepercayaan 95 %. .Adapun hasil penelitian adalah bahwa pekerjaan responden mayoritas  petani dan pendidikan responden SLTA. Setelah diuji dengan statistic maka diperoleh nilai P Value untuk variable kualitas air sumur yang artinya ada hubungan kualitas dengan kejadian diare sedangkan p value variable pembuangan sampah 0,605 yang artinya tidak ada hubungan pembuangan sampah dengan kejadian diare pada balita didesa Tanjung Anum kecamatan Pancur Batu. Untuk itu diharapkan kepada masyarakat pengguna air sumur gali supaya melakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi seperti penyaringan sederhanan.


Keywords


kualitas air, pengelolaan sampah, diare

Full Text:

PDF

References


Arif Sumantri.2010. Kesehatan Lingkungan Dan Perspektif Islam. Prenada Media Grup.Jakarta

Kusnaedii, 2006; Mengolah air gambut dan Air Kotor untuk minum, Penebar, Swadaya,Jakarta.

Meilita, T, 2007; Arang Aktif (Pengenalan dan proses pembuatannya) http://library.usu.ac.id/Arang Aktif, diakses tanggal 8 Nopember 2017.

Nusa, Idaman Said, 1999; Kesehatan Masyarakat dan Teknologi Kualitas Air , Peneribit Direktorat Teknologi Lingkungan,Deputi Bidang TIEML,BPPT, Jakarta.

Palupi Widyastuti dan Apriningsih, 2002, Pedoman Mutu Air Minum edisi 3, EGC. Jakarta

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.736/menkes/PER/VI/2010 tentang tata Laksana Pengawasan Kualitas Air Minum

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.492/menkes/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum

--------------, 1998; Pengolahan air, Bagian Peneribitan PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rukaesih Achmad.2004, Kimia Lingkungan.Andi .Yokyakarta Republik Indonesia, 1990; Peraturan

Pemerintah Nomor 20 tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.