PENGEMBANGAN PRODUK ALAT PENGUKUR KEKUATAN PUKULAN MANUAL PADA CABANG PENCAK SILAT

Rifqi Aufan, Ratih Puspa Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur kekuatan pukulan seorang atlet pencak silat untuk meningkatkan prestasinya disebabkan tidak adanya alat untuk mengukur kekuatan yang ia miliki selama latihan, apakah ada peningkatan atau hanya jalan ditempat. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Sugiyono yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa desain alat Double R Stenght), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli bidang pencak silat dan satu dosen pencak silat, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan pengujian pertama, (5) pengujian tahap ke II, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir pengembangan alat “prototype alat Double R Strenght”. Berdasarkan hasil instrument uji coba produk diperoleh data evaluasi ahli pencak silat 76 % (Sangat layak), Dosen Pencak Silat 85% (Sangat layak, Pengujian pertama 76% (layak), dan pengujian tahap ke II 90,80% (Sangat layak). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat Double R Strenghtini dapat mengukur kekuatan atlet pencak silat

Keywords


Upaya Pembinaan; Pendidikan Agama; Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Blomfield dan Elia. 2003. Mengemukakan dua tahap dalam proses pengidentifikasian bakat. Direktorat Jendral Olahraga : Depdiknas

Bompa. 2003. Tiga tahap dalam pengidentifikasian bakat. Direktorat Jenderal Olahraga : Depdiknas : 7.

Cholik Mutohir. 2000. Pemanduan bakat talent identification

Conny R. Semiawan & Djeniah Alim (2002).Petunjuk layanan dan pembinaan kecerdasan anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Teknik Pemandu Bakat Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Olahraga.

Syarif, Kemali. Perkembangan Peserta Didik.

KLBI EM Zul Fajri Dan Ratu Aprilia (2008) Pengertian bakat.

Menpora. 1999. Pedoman Dan Pengembangan Pembibitan Dan Prestasi Olahraga. Jakarta: Kantor Menpora Proyek Pembinaan Olahraga.

Suharsimi, Arikunto. 1992. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Tharmizi, Ahmad. 2003. Teknik pemanduan bakat olahraga. Direktorat Jenderal Olahraga.

Utami, Munandar. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.