PENENTUAN DAN IDENTIFIKASI FLUIDA GEOTHERMAL DAN MINERAL PENYUSUNNYA DI DAERAH GEOTHERMAL TINGGI RAJA SIMALUNGUN, SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN PENCITRAAN RESISTIVITAS 2D DAN XRD

Muhammad Kadri, Eko Banjarnahor

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menentukan fluida geothermal yang mengalir di bawah permukaan dengan menggunakan pencitraan resistivitas 2 dimensi. Dan untuk mengidentifikasi batuan mineral penyusunnya dengan menggunakan XRD Di daerah Tinggi Tinggi Raja Dolok Morawa Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tiga lintasan telah dibuat untuk melakukan penelitian penentuan fluida geothermal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya potensi geothermal. Kedalaman maksimum dari penelitian adalah 125 meter. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah permukaan terdiri dari batu kapur (nilai resistivitas kurang dari 100 ohm-m) dan tanah liat dengan nilai resistivitas juga kurang dari 100 ohm-m di setiap lapisan tanah. Mineral utama penyusun batuan geothermal adalah Kalsit (CaCO3).


Keywords


metode resistivitas, XRD, dan batu kapur.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika, (2013), Statistika Daerah Kabupaten Simalungun 2013. Badan Pusat Statistika Kabupaten Simalungun, Pematang Siantar, http://simalungunkab.bps.go.id/ ( diakses pada 15 Januari 2014).

Departemen Fisika, (2012), Laboratorium Analisis Bahan (Pengujian dan Analisis Data), FMIPA IPB, Bogor.

Farid, M., Hadi, A.I , Fetusianti, (2008), Analisis Resistivitas Batuan Berdasarkan Data Geolistrik Untuk Memprediksi Sumber Panas Bumi, Jurnal Sains MIPA 14 :79-84.

Gita, L., (2013), Geothermal : Jawaban Kebutuhan Energi Indonesia (http://m.kompasiana.com/post/read/611728/3/geothermal-jawabankebutuhan-energi-indonesia), akses pada 10 maret 2014.

Lenat, J.F, dkk, (2000), Geoelectrical structure of the central zone of Piton de la Fournaise volcano (RĂ©union), Bull Volcanol, 62:75-89.

Loke, M.H., (2004), Tutorial : 2-D and 3-D Electrical Imaging Suveys, email : drmhloke@yahoo.com.

Milsom, J., (2003), Field Geophysics : Third Edition, West Sussex PO19 SQ,

England

Silaban, M., (2001), Studi Mineral Lempung Hidrotermal Dan Aplikasinya Untuk Operasi Pemboran Panas bumi (Studi Kasus : Prospek Panasbumi Ulubelu, Lampung, Proceeding Of The 5th Inaga Annual Scientific Conference & Exhibitions 5 : 7-10.

Telford,W.M., Gerald LP., Sheriff R., (1990), Applied Geophysics Second Edition, Cambridge University Press, New York.

WWF Indonesia, (2013), Panduan Kelestarian untuk Pemanfaatan Panas Bumi, British Embassy, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.