PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI AUTOCAD SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul pembelajaran autocad jurusan teknik gambar bangunan siswa tingkat II SMK, (2) melihat efektifitas modul hasil pengembangan untuk pembelajaran Autocad. Metode penelitian adalah Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan model Dick and Carey. Pengembangan modul mengacu pada teori Mourdel. Pengumpulan Data menggunakan angket, observasi, interview, dokumentasi, dan data hasil belajar menggunakan pretes dan postes. Analisis data observasi, angket, interview menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Untuk melihat efektifitas pembelajaran dengan menggunakan modul dilakukan dengan uji t. Subjek penelitian ada 2 orang guru, 31 siswa sebagai kelas eksperimen, dan 31 siswa dengan kelas metode konvensional.
Kata Kunci: Pengembangan modul pembelajaran, hasil belajar autocad
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2751
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.