PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 067090 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 067090 Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 32orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas guru dan siswa, observasi sikap siswa dalam mengerjakan project, penilaian produk dan tes esai. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian yang sudah diberikan. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi sebesar 82,19% dan siklus 2 sebesar 91,56% sehingga terjadi peningkatan sebesar 9,37%. Penilaian produk siswa sebesar 75,55% pada siklus1 dan 89,72% pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,17%. Hasil tes esai pada siklus 1 perolehan nilai ketuntasan klasikal 68,75%, pada siklus 2 meningkat menjadi 93,74% ketuntasan klasikal, sehingga terjadi peningkatan sebesar 24,99%. Hasil perolehan rata-rata angket respon siswa sebesar 91,65%, hal ini menunjukkan bahwa model project based learning disukai dan disenangi siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD khususnya pada materi memahami bentuk keputusan bersama mata pelajaran PKn.
Kata Kunci : Project based learning, tugas project, dan hasil belajar PKn.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2754
Article Metrics
Abstract view : 789 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.