PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNIMED
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas, kemampuan awal dan interaksi terhadap hasil belajar Mekanika Teknik. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) FT Unimed. Sample diambil secara acak sebayak dua kelas dari 4 kelas. Metode penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain factorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, hasil belajar Mekanika Teknik mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode pemberian tugas individu lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pemberian tugas kelompok. Kedua, hasil belajar Mekanika Teknik mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih baik dari pada yang memiliki kemampuan awal rendah. Ketiga, terdapat interaksi antara metode pemberian tugas dan kemampuan awal terhadap hasil belajar Mekanika Teknik. Uji lanjut menggunakan uji Tuckey diperoleh hasilnya, bahwa hasil belajar Mekanika Teknik dengan kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode pemberian tugas individu lebih tinggi hasil belajarnya dengan kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode pemberian tugas kelompok. Mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang menggunakan metode pemberian tugas individu lebih rendah hasil belajarnya dibandingkan dengan metode pemberian tugas kelompok dengan kemampuan awal rendah tidak mempengaruhi hasil belajar mata kuliah Mekanika Teknik pada Mahasiswa JPTB Fakultas Teknik Unimed.
Kata Kunci : Kemampuan Awal, Pemberian Tugas, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2759
Article Metrics
Abstract view : 246 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.