PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 2 SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT

Abdul Halim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS, gaya belajar terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 2 Secanggang. Populasi sebanyak 200 orang yang terbagi 5 kelas, sedangkan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak dua kelas masing-masing 40 orang. Metode penelitian yaitu  quasi eksperimen dan desain faktorial 2x3. Uji hipotesis dengan Anava dan uji lanjut dengan uji Scheffe. Uji normalitas Lilifors serta uji homogenitas menggunakan uji F dan uji Barlett. Temuan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar fisika pada taraf signifikansi α=5%. Rerata hasil belajar fisika siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi (24,8) dari pada TPS (23,3). Ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa pada taraf signifikansi α=5%. Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial memperoleh rerata hasil belajar fisika lebih tinggi (25,4) dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar visual (22,6). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa pada taraf signifikansi α=5%. Hasil uji lanjut diketahui bahwa kelompok siswa dengan kecenderungan auditorial memperoleh hasil belajar fisika lebih tinggi jika diajar dengan strategi kooperatif tipe STAD. Sedangkan bagi kelompok siswa dengan kecenderungan visual lebih tinggi hasil belajar fisikanya jika diajar dengan strategi kooperatif tipe TPS. Rata-rata skor hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan strategi kooperatif STAD lebih tinggi daripada strategi kooperatif TPS yang sama-sama memiliki kecendrungan gaya belajar auditorial.

 

Kata kunci:  Strategi pembelajaran, STAD, TPS, Gaya belajar. Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2760

Article Metrics

Abstract view : 429 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.