ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Abstrak
Pengembangan kewirausahaan perguruan tinggi berbasis kreativitas dan inovasi dapat memberikan bekal bagi civitas akademika dalam pengelolaan pendidikan, dalam mempersiapkan standar nasional pendidikan tinggi. Salah satu alternatif model pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada perguruan tinggi dilakukan dengan mengembangkan Rumah Entrepreneur dan Koperasi. Peran rumah entrepreneur dan koperasi dimaksudkan untuk memberikan media pembelajaran bagi mahasiswa dalam hal: (1) Menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha (2) Memberikan pengalaman langsung berinteraksi dengan konsumen (3) Melakukan survei pasar untuk menentukan jenis produk yang dibutuhkan konsumen, dan lainnya. Dengan melihat profil jiwa dan perilaku wirausaha pada lulusan mahasiswa dapat memberikan gambaran bagaimana calon-calon kewirausahaan akan tumbuh di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu: 1) Agar proses pembelajaran di institusi/lembaga pendidikan mampu melahirkan lulusan yang memiliki perilaku wirausaha, maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha, diantaranya melalui peningkatan peran mahasiswa dalam mengembangkan usaha dari rumah entrepreneur dan koperasi, 2) Upaya peningkatan kualitas hasil pembelajaran melalui kegiatan pusat bisnis.
Kata kunci: Entrepreneurhip, Model pembelajaran, Koperasi, Rumah enterpreuner
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2766
Article Metrics
Abstract view : 1398 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.