ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Kinanti Wijaya

Abstract


Abstrak

Pengembangan kewirausahaan  perguruan tinggi berbasis  kreativitas  dan  inovasi  dapat  memberikan  bekal  bagi  civitas akademika dalam  pengelolaan  pendidikan,  dalam  mempersiapkan standar nasional pendidikan tinggi. Salah satu alternatif model pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada perguruan tinggi  dilakukan  dengan  mengembangkan Rumah Entrepreneur dan Koperasi. Peran rumah entrepreneur dan koperasi dimaksudkan  untuk  memberikan  media pembelajaran  bagi  mahasiswa  dalam  hal: (1) Menumbuhkan sikap  dan  perilaku  wirausaha (2) Memberikan  pengalaman  langsung  berinteraksi  dengan konsumen (3) Melakukan  survei  pasar  untuk  menentukan  jenis  produk  yang  dibutuhkan  konsumen,  dan lainnya. Dengan  melihat  profil jiwa  dan  perilaku wirausaha pada  lulusan  mahasiswa dapat  memberikan  gambaran  bagaimana  calon-calon kewirausahaan  akan  tumbuh  di Indonesia.  Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu: 1) Agar  proses  pembelajaran  di  institusi/lembaga  pendidikan  mampu  melahirkan  lulusan  yang memiliki  perilaku  wirausaha,  maka  perlu  dikembangkan  model  pembelajaran  yang  dapat menumbuhkan  sikap  dan  perilaku  wirausaha,  diantaranya  melalui  peningkatan  peran  mahasiswa dalam  mengembangkan  usaha dari rumah entrepreneur dan  koperasi, 2)  Upaya peningkatan  kualitas  hasil  pembelajaran  melalui  kegiatan pusat bisnis.

 

Kata kunci: Entrepreneurhip, Model pembelajaran, Koperasi, Rumah enterpreuner

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2766

Article Metrics

Abstract view : 1376 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.