PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Anggi Marwina Nasution, Motlan, Derlina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, pengaruh  variasi kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan proses sains siswa, interaksi model pembelajarn inquiry training dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 percut Sei Tuan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan uji ANAVA, sampel penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan untuk keterampilan proses sains sebanyak 10 soal dan  tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 4 soal yang divalidkan. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil penelitian yaitu keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, variasi kemampuan berpikir kritis siswa berpengaruh dengan keterampilan proses sains, kemudian ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dan model pembelajaran langsung dengan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap keterampilan proses sains siswa

 

Kata Kunci: Model Inquiry Training, Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6216

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.