PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP KOGNITIF TINGGI DALAM BELAJAR FISIKA

Sari Wahyuni Rozi Nasution, Nurdin Bukit, Eva Ginting

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dan direct instruction, dan perbedaan Hasil Belajar siswa yang memiliki kreativitas  yang tinggi dan rendah. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Baharuddin Padangsidimpuan. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kognitif tinggi fisika dan angket kreativitas. Data penelitian dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing  lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa, kognitif tinggi fisika siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa.

 

Kata Kunci : Inquiry Terbimbing, Kreativitas, Kognitif Tinggi, Belajar Fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6218

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.