PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP KOGNITIF TINGGI DALAM BELAJAR FISIKA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dan direct instruction, dan perbedaan Hasil Belajar siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi dan rendah. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Baharuddin Padangsidimpuan. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kognitif tinggi fisika dan angket kreativitas. Data penelitian dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa, kognitif tinggi fisika siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa.
Kata Kunci : Inquiry Terbimbing, Kreativitas, Kognitif Tinggi, Belajar Fisika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6218
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.