UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar TIK di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian di dapat dari kedua siklus adalah terdapatnya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar berbasis komputer, RPP, dan modul simulasi/animasi. Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran TIK dengan penggunaan media pembelajaran interaktif melalui Microsoft Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar TIK setiap siklus yaitu dari rata-rata 64,81 menjadi rata-rata 82,63. siswa merasa senang belajar TIK dan termotivasi untuk belajar Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa atau tanggapan yang positif terhadap pembelajaran tersebut, untuk itu para guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran TIK.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media interaktif, Microsoft office excel
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6219
Article Metrics
Abstract view : 345 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.