PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA SD N PERCOBAAN KOTA MEDAN
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dimaksud oleh peneliti. Adapun rumusan masalah yang telah disusun dan ingin dijawab dalam sebuah penelitian ini dirangkum dalam beberapa poin sebagai berikut untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (2) proses jawaban siswa dengan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan spasial untuk siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Sebelum melakukan eksperimen kelas yang dijadikan sampel penelitian diuji berdasarkan homogenitas dan distribusi normal. Kelas yang dijadikan sampel juga dilihat tingkat kemampuan awalnya guna melihat bahwa sampel benar-benar dapat dijadikan sampel penelitian. Instrumen berupa butir soal dilakukan validasi ahli serta diuji cobakan ke kelas yang lain. Hasil penelitian tersebut menunjukkan: (1) adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning dengan perhitungan perolehan skor thitung (2,79) lebih besar dari skor ttabel (1,671) sehingga H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning.
Kata kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, kemampuan Spasial.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6220
Article Metrics
Abstract view : 345 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.