PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH

Roynisfan Darwin Paningkat Siburian

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang dapat meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian dilakukan pada 3 SMA dan SMK di Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, yaitu menghasilkan model yang divalidasi secara internal. Untuk mendapatkan model, digunakan 3 tahapan yaitu:  studi pendahuluan, pengembangan model, dan validasi model. Sumber data penelitian dipilih secara purposive dan snowball sampling. Data diperoleh menggunakan 3 teknik pengumpulan: observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif  yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dinamakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model (Bass dan Avolio 1994). Model divalidasi melalui FGD yang dilakukan 2 kali, yaitu FGD dengan kepala sekolah sebagai paraktisi dan FGD bersama Guru Besar dan Doktor sebagai pakar. Model memuat 4 dimensi kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual dan perhatian secara individual. Model hasil pengembangan  dibuat dalam satu rangkaian sistem yang didalamnya terdiri: input, proses, output, outcome, dan impact.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i2.6222

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.