PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA SDN 193 KOTANOPAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Lely Masniari

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan menulis puisi dan aktivitas siswa melalui penggunaan media gambar bagi siswa V SD Negeri No. 193 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri No. 193 dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I diperoleh rata-rata nilai kelas sebesar 66,7 dengan prosentase ketuntasan sebesar 63,6%. Hasil rata-rata aktivitas belajar melalui pembelajaran mengunakan media gambar tergolong cukup aktif 54,5%. Pada akhir siklus II  diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,0 dengan dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%. Hasil rata-rata aktivitas belajar tergolong kategori sangat aktif dengan prosentase 86%. Jadi dengan pembelajaran menggunakan media gambar pada siswa SDN No 193 Kotanopan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan menulis puisi. Untuk itu diharapkan para guru menggunakan berbagai media yang tepat dalam pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

            Kata Kunci : Media Gambar, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Menulis Puisi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6225

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.