PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL KELAS I SDN 14 SIMANGAMBAT KEC. SIABU - MADINA
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan aktivitas siswa pada kelas I SD Negeri 014 Simangambat Kabupaten Mandailing Natal melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian seluruh siswa setiap kelas I yang berjumlah 23 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa 64,0% dan skor nilai ketuntasan kelas 55,6% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 90. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 87,1% dengan nilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,16%, sedangakan pada siklus II sebesar 74,48%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,32% melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Awal, Aktivitas Siswa, Media Gambar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6227
Article Metrics
Abstract view : 682 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.