UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN 226 TOLANG KABUPATEN MADINA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PPKn. Materi yang disampaikan yaitu mengenal lembaga dalam susunan pemerintahan desa. Penelitian dilakukan pada kelas IV SD Negeri 226 Tolang Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan metode diskusi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar, dan lembar observasi untuk motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dengan deskriptif dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa 65,4% dan skor nilai ketuntasan kelas 62,5% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 80. Pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 88,0% dengan nilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Dengan pembelajaran menerapkan metode diskusi terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62,2%, sedangakan pada siklus II sebesar 75,8%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 226 Tolang. Dengan demikian metode diskusi dapat digunakan pada mata pelajaran lainnya sesuai dengan materi yang cocok.
Kata Kunci : Metode Diskusi, PKn, Motivasi Siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6231
Article Metrics
Abstract view : 832 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.