PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE BRAINSTORMING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming pada pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi siswa XI IPA SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas diambil secara acak, satu kelas sebagai eksperimen 1 dan satu kelas sebagai eksperimen 2. Pembelajaran kelas eksperimen 1 dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan metode brainstorming dan pembelajaran kelas eksperimen 2 dengan pendekatan konstruktivisme tanpa menggunakan metode brainstorming. Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 52 % dan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 2 adalah 38 %. Uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan siswa kelas eksperimen 2 dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode brainstorming dan pendekatan konstruktivisme lebih besar dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan pendekatan konstruktivisme tanpa brainstorming. Dengan selisih gain sebesar 14% dan perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 11,98%.
Kata kunci: Konstruktivisme, brainstorming, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6232
Article Metrics
Abstract view : 596 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.