ANALISIS MORAL KNOWING SISWA TENTANG NARKOTIKA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER

Chastanti Ika, Indra M Kumalasari

Abstract


Penyalahgunaan narkotika saat ini telah banyak ditemui di kalangan siswa SMP. Narkotika memberikan dampak buruk bagi tubuh dan kehidupan sosial. Pendidikan karakter merupakan solusi untuk mengajarkan pentingnya pengetahuan moral tentang bahaya narkotika. Pendidikan karakter yang baik harus melibatkan pengetahuan yang baik (moral knowing), perasaan yang baik atau loving good (moral feeling) dan perilaku yang baik (moral action) sehingga terbentuk perwujudan kesatuan perilaku dan sikap hidup peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui moral knowing siswa tentang narkotika. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kualuh Hulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek moral knowing siswa pada moral awareness, knowing moral values, perspective taking, moral reasoning, decision making dan self knowledge masih tergolong rendah (38,00%) menjawab tidak pernah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan guru untuk implementasi pendidikan nilai karakter dan kurangnya peranan pemerintah kabupaten untuk melakukan sosialisasi atau penyuluhan tentang narkotika.

Kata kunci : Moral Knowing, Narkotika, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i3.10780

Article Metrics

Abstract view : 582 times
PDF - 498 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217