IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Siti Habibah, Wawan Bunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training dengan pendekatan multirepresentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas X-MIA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan Multi Representasi dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran Inquiry Training, jumlah siswa masing-masing kelas 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, berupa tes objektif yaitu soal kognitif sebanyak 15 soal dan soal berbasis inquiry training sebanyak 15 soal serta observasi aktivitas. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari implementasi model pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan Multi Representasisecara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMAN 3 Medan.

Keywords


Pendekatan Multi Representasi, Inquiry Training, Hasil Belajar, Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, (2017), Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa, Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2, No. 1. Ainsworth, S., (2006), DeFT: A conceptual framework for considering learning with multiple representations, Learning and instruction, Journal Learning and Instruction, 16 (3): 183-198. Ainsworth, S., (1999), The Functions Of Multiple Representations,Journal Elsevier Computers & Education, 33, 131-152. Bekiroglu, F. O., and Arslan, A., (2014), Examination of the Effect of Model

Based Inquiry on Students Outcome : Scientific Process Skill and Conseptual Knowledge, Elsevier Social and Behavioral Sciences. 11871191. Brenner, M.E., Mayer, R.E., Moseley, B., Brar, T., Duran, R., Smith Reed, B., et al, (1997), Learning by understanding: The role of multiple representations in learning algebra, American Educational Research Journal, 34, 663-689. Bunawan, W., Setiawan, A., Rusli, A., Nahadi, (2015), Penilaian Pemahaman Representasi Grafik Materi Optika Geometri Menggunakan Tes Diagnostik, Cakrawala Pendidikan. Campbell, T., Zhang, D., Neilson, D., (2010), Model Based Inquiry in the High School Physics Classroom : An Exploratory Study of Implementation and Outcome, Journal of Science Education and Tecnology. Cock, M. D., (2012), Representation Use and Strategy Choise in Physics Problem Solving, Physics Education Research. Haratua, T.M.S., dan Sirait, J., (2016), Repretentation Based Physics Intruction to Enhance Students Problem Solving, American Journal of Education Research,Vol. 4, No. 1. Ismi, N., (2017), Pengaruh Penggunaan Multi Representasi Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Ali Hasjmy Indrapuri Aceh Besar, Skripsi Universitas Islam Negeri Ar – Raniry Darussalam, Banda Aceh. Izsak and Sherin, M.G., (2003), Exploring the Use of New Representation as a Resource for Teaching Learning. The University of Georgia and North Western University, Journal School Science and Mathematics, 103, (1). Haratua, T.M.S., dan Sirait, J., (2016), Repretentation Based Physics Intruction to Enhance Students Problem Solving, American Journal of Education Research,Vol. 4, No. 1. Joyce, B., Weil, M., Calhoun E., (2016). Models of Teaching Model-model Pengajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Koentjaraningrat., (1986), Manajemen Penelitian, Aksara Baru, Jakarta. Kurnaz, M. A., and Arslan, A. S., (2014), Effectivevess of Multiple Representation for Learning Energy Concepts: Case of Turkey, Procedia Social and Behavioral Science. Mahardika, I K., (2013), Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3) : 272-277. Manurung, D., dan Sirait, M., (2016), Pengaruh Model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil Belajar Siswa, Jurnal Inpafi, Vol.3, No.4. Purba, N.A., dan Sirait, M., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor, Jurnal Inpafi,Vol.3, No.4. Rosengrant, D., Eugenia, E., Heuleven, A.V., (2006), An Overview of Recent Research on Multiple Representations, Physics Education Research Conference, Rutgers, The State University of New Jersey GSE, 10 Seminary Place, New Brunswick NJ, 08904 Sihaloho., Hendra, W., dkk., (2017), The Effect Of Inquiry Training Learning Model On Science Process Skill And Student Learning Outcome,Journal of research & method in education (IOSR-JRME) 7 (3). Sirait, M., dan Siaen, E., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Dikelas X Semester II SMA Negeri 1 SILIMA Punggapungga , Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol.2, No.2.

Suhandi, A., dan F C Wibowo., (2012), Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 : 1-7. Supardi, (2014), Kinerja Guru, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Supasorn, S., and Lordkam, A., (2014), Enhancement of Grade 7 Students Learning Achievement of the Matter Separation by Using Inquiry Learning Activities, Prosedia Social and Behavioral Sciences. Suprianti, R., (2017), Implementasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Berbasis Inquiry Traininguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester Genappada Materi Pokok Fluida Dinamis SMA Negeri 10 Medan T.P. 2016 /2017, Skripsi Universitas Negeri Medan, Medan. Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J., (2010), Using Multi-Modal Representations to Improve Learning in Junior Secondary Science, Res. Science Education, 40 : 65-80. Widianingtiyas, L., Siswoyo., dan Fauzi B., (2015), Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (1): 37. Zacharia, Z., & Anderson, O.R., (2003), The effect of an interactive computerbased simulation prior to performing a laboratory inquiry based experiment on students’ conceptual understanding of physics, Americans Journal ofPhysics, 71 (6): 618-629.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12162

Article Metrics

Abstract view : 646 times
PDF - 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.