PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian two group randomized subject posttest only. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar sejarah pada pokok bahasan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal.
Secara empiris terlihat bahwa hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer lebih tinggi daripada hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dimana pada kelas eksperimen diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 92. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,75, modus sebesar 72,5, median sebesar 67,5. Pada kelas kontrol diperoleh nilai terendah adalah 36 dan nilai tertinggi adalah 88. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,8, modus sebesar 57, median sebesar 57,8.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Giving Question And Getting Answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata pelajaran IPS, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t”, dan di peroleh bahwa standar deviasi gabungan sebesar 13,56, t hitung sebesar 2,16, t tabel sebesar 1,99. Dengan demikian terlihat bahwa lebih besar dari (2,16 > 1,99), maka ditolak.
Kata Kunci : Model Giving Question and Getting Answer, hasil belajar.
DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v3i1.11745
Article Metrics
Abstract view : 396 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.