Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN I Stabat Kelas XI MAN I Stabat T.A 2018/2019

Arfan Diansyah, Tusita Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS MAN I Stabat T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN I Stabat, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 dan kelas XI IPS-2. kelas XI -IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang diggunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,48 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,58. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,90 dan kelas kontrol 75,45, diperoleh data kedua kelas berdistribusi normal dengan nilai Lhitung<Ltabel (0,1302<0,1497) dan dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 73,29 dan variansi terkecil adalah 73,12 sehingga diperoleh hasil 1,38, berdasarkan nilai variansi tersebut data pretes kedua kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel (1,38<1,84) sedangkan data posttest kedua kelas dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 47,26 dan jumlah variansi terkecil adalah 27,96 berdasarkan nilai variansi tersebut kedua data kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel (1,69<1,84). Hasil uji t nilai  postes diperoleh  thitung > ttabel (10,95 >1,671) Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar  siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Problem Based Instruction, Hasil Belajar Sejarah

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v3i2.11806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.