PENGARUH MODEL INKUIRI BARBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 MEDAN T.A. 2018/2019

Abdul Haris Nasution, Ribka Meilisna Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar sejarah siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah Two Group Pre-test-post-test Design. Pengambilan sampel  dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari dua belas kelas yaitu kelas X-MIPA 4 berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas X - MIPA 10 berjumlah 31 sebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan intrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 23 soal dengan 5 option yang telah di validasi. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 33.06 dan dikelas kontrol sebesar 32.13 dan dilakukan uji t  dua pihak yang membuktikan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan diadakan posttest pada kedua kelas sehingga diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen 84.31 dan pada kelas kontrol 74.03 berdasarkan uji t diperoleh bahwa thitung = 13.82 dan ttabel = 1.6708 sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2018/2019.

Kata Kunci : Inkuiri, Audiovisual, Hasil Belajar Sejarah


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v3i2.11807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.