Pengembangan Modul Pembelajaran E–Learning Dengan Edmodo Untuk Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMKN 4 Medan

Abd Haris Nasution, Asri Yeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual berbasis berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar sejarah  siswa kelas X SMK Negeri I Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas X jurusan Tehnik Komputer Jaringan dan kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri I  Lubuk Pakam T.P 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah  143 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan tehnik  acak atau  random sampling, sehingga yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X-Tehnik Komputer Jaringan-B berjumlah 36 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis berpikir kritis dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X-Rekayasa Perangkat Lunak berjumlah 36 siswa yang di ajarkan dengan model konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Two Group Pretest-postest design. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X-TKJ-B setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis berpikir kritis diperoleh nilai  rata-rata 85,28 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas X RPL setelah diterapkan model konvensional sebesar 72,64. Dengan demikian adanya perbedaan hasil belajar sejarah siswa antara kedua kelas  juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab yaitu  7,14 >1,668, yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual berbasis berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar sejarah  siswa kelas X SMK Negeri I Lubuk Pakam yaitu ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang signifikan yaitu kelas eksprimen yaitu X TKJ-B  yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual berbasis berpikir kritis  lebih tinggi hasil belajar sejarahnya dibandingkan dengan kelas kontrol  X-RPL yang diajarkan dengan model konvensional. Selain hasil belajar kelas eksperimen yang tinggi juga dalam proses pembelajaran berimplikasi pada cara belajar siswa yaitu ketika belajar selalu berpikir kritis dalam memahami setiap materi sejarah yang  mereka pelajari.

Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Sejarah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v4i1.13893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.