PENGARUH MODEL PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probing Promting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelejaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakukan antara kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruh siswa 210 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak atau random sampling, dimana kelas eksperimen adalah kelas X Ips 1 yang diajarkan dengan menggunakan model probing promting dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X Ips 2 yang diajarkan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X Ips 1 sebesar 83,82, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas X Ips 2 adalah sebesar 73,55. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujuan hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana yaitu dengan demikian dalam penelitian ini ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model probing promting dengan metode ceramah yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model probing promting.
Kata Kunci : Probing Promting, Hasil Belajar, Sejarah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16302
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 510 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.