IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN KELAS XI T.A 2018/2019

Arfan Diansyah, Maria Magdalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Implementasi nilai karakter Nasionalisme melalui pembelajaran sejarah materi “Pendudukan Jepang di Indonesia” di SMA Swasta Budisatrya Medan t.a 2018/2019, (2) Hasil dari implementasi nilai karakter nasionalisme di SMA Swasta Budisatrya Medan, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan nilai karakter nasionalisme di SMA Swasta Budisatrya Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa siswi kelas XI di SMA Swasta Budisatrya Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan didalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung maupun diluar kelas. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan teori Miles dan Hubberman yang membagi teknik analisis data melalui 3 proses yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Guru Sejarah di SMA Swasta Budisatrya Medan telah mengimplementasikan nilai karakter nasionalisme lewat perencanaan pembelajaran yang disusun kedalam RPP serta telah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat membantu menumbuhkan nasionalisme dalam diri siswa/i, (2) Hasil implementasi tersebut dapat diketahui melalui kegiatan, respon, serta tingkah laku siswa selama melakukan proses pembelajaran khususnya pada saat belajar sejarah, serta aktivitas siswa yang dilakukan diluar jam belajar dalam kelas, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan nilai karakter nasionalisme di SMA Swasta Budisatrya Medan meliputi: waktu, faktor lingkungan, serta media elektronik seperti televisi dan handphone.

Kata kunci : Nilai Karakter, Sejarah, Nasionalisme


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16306

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.