PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH PADA MASA REFORMASI DI KOTA MEDAN

Hafnita Sari Dewi Lubis, Imro Atur Rusydah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya Organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah, terutama dalam peranan Al-Jam’iyatul Washliyah mengembangkan pendidikan di Kota Medan pada masa Reformasi dalam kurun waktu 1998-2019, khususnya dibidang Pendidikan Umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Untuk mendapatkan sumber penelitian, peneliti mengandalkan penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah lahir pertama kali di Medan dengan tujuan menghubungkan dan mempertalikan umat Islam pada tanggal 30 November 1930. Al-Jam’iyatul Washliyah menunjukkan komitmen yang sangat tinggi dilihat dari usaha dan peranannya dengan cara mendirikan lembaga-lembaga pendidikan dalam semua jenis jenjang pendidikan. Pada masa awal didirikan lembaga pendidikan Al-Jam’iyatul Washliyah lebih terfokus kepada pendidikan agama saja. Namun setelah perkembangannya, Al-Jam’iyatul Washliyah juga mendirikan lembaga pendidikan umum, mulai dari pendidikan pra sekolah sampai pendidikan tinggi. Pada masa Reformasi, lembaga-lembaga pendidikan umum yang didirikan Al-Jam’iyatul Washliyah telah mengalami perkembangan terutama dari sisi fasilitas, baik dari jumlah unit bangunan sekolah, maupun materi pelajaran yang dimiliki pada program pendidikan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan pendidikan di Kota Medan juga salah satu peran organisasi Al-Washliyah.

 Kata Kunci : Al-Jam’iyatul Washliyah, Pendidikan, Reformasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16326

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.