AKTUALISASI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DARI PERISTIWA DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA
Abstract
Kurikulum dipergunakan dalam menentukan orientasi dan tujuan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan. Pembelajaran Sejarah merupakan piranti penting dalam pembentukan karakter menuju bangsa yang bermartabat. Melalui sejarah peserta didik mendapat endorsement yang faktual dalam penyajian materi pokok yang terjangkau nalar agar tidak memerlukan imajinasi yang mendalam tentang substansi yang disajikan. Pembelajaran sejarah disajikan pada satuan pendidikan sejatinya relatif luas sehingga tidak jarang menjangkau jauh di luar wilayah fisik dan psikis peserta didik sehingga hanya menyajikan ranah knowledge yang cenderung menonjolkan ingatan dan bersifat imajinatif. Dalam pembelajaran Sejarah perlu menumbuhkan kesadaran tentang spasi dan kronologis bersifat local agar dapat mendorong peserta didik ke wilayah yang berhampiran dengan peristiwa sejarah tanpa jarak secara fisik dan emosional yang orisinil dengan dirinya Pengulangan-pengulangan materi sejarah sebagai substansi pembelajaran telah menempatkan Sejarah menjadi pelajaran yang mati. Sehingga tuntutan nilai yang diperlukan dalam pembentukan watak melalui Sejarah menjadi lepas dan disfungsional. Pengenalan peristiwa sosial budaya di sekitar merupakan langkah awal untuk menarik minat pada Sejarah dan mampu menghidupkan pembelajarannya. Memasukkan peristiwa sekitar masyarakat sebagai bahan/materi merupakan bagian pengayaan dalam pembelajaran dan sekaligus membiasakan siswa untuk aktif meneliti.
Kata kunci: Kurikulum, materi sejarah, lingkungan sekitar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18248
Article Metrics
Abstract view : 329 timesPDF - 601 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.