AKTUALISASI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DARI PERISTIWA DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA

Yushar Tanjung

Abstract


Kurikulum  dipergunakan dalam menentukan orientasi dan  tujuan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan. Pembelajaran Sejarah merupakan piranti penting dalam pembentukan karakter menuju bangsa yang bermartabat. Melalui sejarah peserta didik mendapat endorsement yang faktual dalam penyajian materi pokok yang terjangkau nalar agar tidak memerlukan imajinasi yang mendalam tentang substansi yang disajikan. Pembelajaran sejarah  disajikan pada satuan pendidikan sejatinya relatif luas sehingga tidak jarang menjangkau jauh di luar wilayah fisik dan psikis peserta didik sehingga hanya menyajikan ranah knowledge yang cenderung menonjolkan ingatan dan bersifat imajinatif. Dalam pembelajaran Sejarah perlu menumbuhkan kesadaran  tentang  spasi dan kronologis bersifat local agar  dapat mendorong peserta didik ke wilayah yang  berhampiran dengan  peristiwa sejarah  tanpa jarak secara fisik dan emosional yang orisinil dengan dirinya Pengulangan-pengulangan materi sejarah sebagai substansi pembelajaran telah menempatkan Sejarah menjadi  pelajaran yang mati. Sehingga tuntutan nilai yang diperlukan dalam pembentukan watak melalui Sejarah menjadi lepas dan  disfungsional. Pengenalan peristiwa sosial budaya di sekitar merupakan langkah awal untuk menarik minat pada Sejarah dan mampu menghidupkan pembelajarannya. Memasukkan peristiwa sekitar masyarakat sebagai bahan/materi merupakan bagian pengayaan dalam pembelajaran dan sekaligus membiasakan siswa untuk aktif meneliti.                       

Kata kunci: Kurikulum, materi sejarah, lingkungan sekitar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18248

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 567 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.