PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH AFRIKA BERBASIS MULTIKULTURALISME UNTUK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH

Abd Haris Nasution, Flores Tanjung, Arfan Diansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan Bahan Ajar Sejarah Afrika Berbasis Multikulturalisme untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Bahan Ajar dikembangkan mengunakan model Borg dan Gall yang dikelompokkan dalam empat tahap, yakni studi pendahuluan, pengembangan, uji lapangan, diseminasi dan sosialisasi produk. Penilaian ahli materi sebesar 4,14 yang termasuk dalam katergori baik dan penilaian ahli media sebesar 4,07 yang termasuk dalam kriteria baik. Penilaian mahasiswa dalam tahap uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, dan uji operasional masing-masing 4,19; 4,26; dan 4,14. Nilai 4,19 dalam uji lapangan termasuk dalam kriteria baik, nilai 4,26 dalam uji lapangan lebih luas termasuk dalam kriteria sangat baik, dan nilai 4,14 dalam uji operasional termasuk dalam kriteria baik.

Keywords: Bahan Ajar, Sejarah Afrika, Multiculturalisme


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18249

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 629 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.