PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA SWASTA DELI MURNI DELITUA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Klara Agustini Ginting, Ponirin Ponirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan pelakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah kelas X IIS SMA Swasta Deli Murni Delitua yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah seluruh siswa 168 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak atau random sampling, dimana kelas eksperimen adalah X IIS 1 yang diajarkan dengan menggunakan model Think Pair Share dan kelas kontrol adalah kelas X IIS 2 yang diajarkan dengan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X IIS 1 adalah sebesar 81,2 sedangkan nilai rata-rata kelas X IIS 2 sebesar 66,16. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan ά = 0,05 dimana  thitung > ttabel   yaitu 6,10645> 1,6723 dengan demikian dalam penelitian ini H ditolak dan  Hditerima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model Think Pair Share dengan metode ceramah yang lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model Think Pair Share.

Kata Kunci: Model Think Pair Share, Hasil Belajar Sejarah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18254

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.