ANALISIS WACANA MATERI PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karasteristik pembelajaran sejarah dalam komponen Kurikulum 2013 (2) untuk mengetahui materi pembelajaran tentang sejarah PDRI dalam Kurikulum 2013 dan (3) untuk mengetahui wacana materi pembelajaran PDRI dalam buku paket yang diterbitkan oleh penerbit swasta untuk kelas XII. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan metode studi pustaka (library research). Tehnik untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran sejarah dan juga buku paket sejarah kelas XII yang berkaitan dengan wacana sejarah PDRI. Dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa komponen pembelajaran sejarah untuk SMA dalam Kurikulum 2013 terdiri atas tujuan pembelajaran, struktur program dan muatan pembelajarn serta silabus dan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran sejarah dalam tingkat SMA memiliki tujuan yang sangat penting dalam bidang kemampuan akademik, kesadaran sejarah dan juga rasa nasionalisme. Materi tentang PDRI dalam kurikulum 2013 terdapat dalam pelajaran kelas XII untuk semester I, dan materi PDRI dicantumkan dalam silabus, yaitu dengan kompetensi dasar 1.2 tentang “ perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950. Wacana-wacana tentang materi pembelajaran tentang sejarah PDRI dalam buku paket memiliki karasteristik yang berbeda-beda, walaupun disusun berdasarkan kurikulum yang sama, yakni Kurikulum 2013. Wacana PDRI dalam buku paket tidak dituliskan sesuai dengan peristiwa sejarah PDRI. Selain itu, banyak fakta sejarah dari peristiwa PDRI tidak disebutkan dalam beberapa buku paket tersebut. Secara umum, bahwa wacana tentang PDRI dalam buku paket tersebut masih memiliki banyak kekurangan dari segi isi dan juga penyampaian materi PDRI tersebut.
Kata Kunci : Wacana PDRI, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18283
Article Metrics
Abstract view : 469 timesPDF - 1007 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.