PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE APPYPIE UNTUK SISWA KELAS XI SMA MATERI TOKOH PROKLAMATOR DAN TOKOH LAINNYA SEKITAR PROKLAMASI

Sherintania Bu'ulolo, Abd Haris Nasution

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keterbatasan inovasi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media mobile learning dengan menggunakan software appypie yang dikembangkan. Pengembangan media mobile learning dengan menggunakan software appypie menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada 3 orang siswa dari XI MIPA 1 untuk uji coba satu-satu dan 9 orang siswa kelas XI MIPA 3 untuk uji coba kelompok kecil, sedangkan tahapan implementasi dilakukan pada 35 orang siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi serta ahli media dan angket respons siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi mencapai 90% dan ahli media mencapai 88,5%. Sementara hasil uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil masing-masing menunjukan persentase skor 82,67% danĀ  84,15%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk oleh siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa media mobile learning dengan software appypie yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran sejarah dikelas XI SMA.


Keywords


Media Pembelajaran Sejarah, Mobile Learning, Appypie.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i2.20435

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.