PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERA DIDIK BERBASIS EMANCIPATORY QUESTION UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Nadila Nadila, Abd Haris Nasution, Yuni Artha Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis emancipatory question untuk siswa kelas XI SMA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi pembelajaran sejarah serta penilaian guru juga siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini meliputi 9 (sembilan) tahapan yaitu : (1) tahap potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) siswa kelas XI MIA2 untuk uji coba kelompok kecil, 6 (enam) siswa kelas XI MIA1 untuk uji coba kelompok sedang, dan 30 siswa kelas XI IIS1 untuk uji coba kelompok besar di SMA Swasta Cerdas Murni. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa lembar kerja peserta didik memenuhi validasi oleh ahli materi sejarah mencapai 84,6% dengan kategori sangat valid, ahli media pembelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid, ahli evaluasi pembelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid, oleh guru pelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid dan melihat respon siswa pada uji coba produk (kelompok besar) mencapai 89 dengan kategori sangat valid/sangat layak diguankan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah diperoleh kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis emancipatory question untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran sejarah.


Keywords


LKPD, emancipatory question

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v5i2.28001

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.