DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN SHIFT BAGI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMAN 6 BENGKULU

Yogie Redho Kairusta, Ranti Nazmi, Juliandry Kurniawan Junaidi

Abstract


Meluasnya penyebaran virus corona  terjadi di  berbagai daerah di Provinsi Bengkulu. Hal ini berdampak bagi pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran yang berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran Shift. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak sistem Pembelajaran Shift bagi Peserta didik dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 di SMAN 6 Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana dampak sistem Pembelajaran Shift bagi Peserta didik dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 di SMAN 6 Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian Pertama penyelenggaraan pembelajaran Shift pada mata pelajaran sejarah menggunakan  sistem Shift yaitu pembelajaran tatap muka antara guru dan peserta didik namun diatur jumlah peserta didiknya menjadi dua kelompok, kelompok pertama diwajibkan datang kesekolah mengikuti belajar mengajar dikelas sedangkan kelompok kedua menyelesaikan tugas dirumah sampai giliran mereka lagi. Proses pembelajaran Shift di kelas XI IPS 2 menggunakan  metode ceramah dengan menjelaskan materi yang tertera di RPP oleh guru, setelah  itu memberikan tugas kepada peserta didik berupa materi yang diajarkan. Dari semua yang telah dijelasakan tentunya memiliki dampak positif dan negatif ketika berlansungnya dalam pembelajaran Shift yaitu baik dari guru maupun peserta didik tentunya semua komponen dalam pembelajaran akan memperlancar proses pembelajaran Shift serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.


Keywords


Pembelajaran Shift, Sejarah dan SMAN 6 Bengkulu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v6i2.28051

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF - 2039 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.