PEMANFAATAN HANDPHONE (HP) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 6 SOLOK SELATAN

Ari Perwanto, Zulfa Zulfa, Juliandry Kurniawan Junaidy

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentangpenggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran sejarah. Rendahnya minat belajar sejarah siswa masih dialami oleh siswa kelas XI SMA N 6 Solok Selatan, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya, salah satu upaya yaitu dengan penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa terutama dalam belajar sejarah.Penulisan ini bertujuan untuk: melihat pemanfaatan handphone dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 6 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak 7 orang, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan yang dilakukan dapat diketahui bahwa, pemanfaatan HP dalam belajar banyak menimbulkan dampak bagi siswa, salah satunya yaitu terhadap minat belajar siswa yang cukup stabil dan baik, hal ini terlihat dari sikap yang ditunjukan oleh siswa yaitu: a) siswa mempunyai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan materi pelajaran yang di sampaikan melalui media HP(Handphone). b) Adanya rasa ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru melalui pemanfatan HP(Handphone). c) siswa merasa senang mengikuti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini membuktikan bahwa teknologi informasi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif bagi guru selama proses pembelajaran sejarah agar minat belajar sejarah bisa untuk lebih ditingkatkan lagi.


Keywords


Handphone, Sejarah, Solok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i1.34596

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 685 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.