KENDALA-KENDALA MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN (PPLK) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP KOTA PADANG SEMESTER GANJIL 2021/2022

Suci Aulia, Liza Husnita, Juliandry Kurniawan Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kendala-kendala mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah dalam melaksanakan PPLK sebagaimana adanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah yang melaksanakan PPLK pada semester ganjil 2021/2022 di SMP Kota Padang, serta guru pamong di sekolah latihan. Lokasi penelitian adalah SMP Pertiwi 2 Padang, SMP Negeri 24 Padang, SMP Negeri 13 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa mahasiswa PPLK menemukan kendala sesuai indikator guru profesional yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kendala yang ditemui seperti: (1) kendala dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah sulit memahami langkah-langkah membuat RPP yang benar karna RPP berdasarkan k-13, (2) kendala dalam penguasaan materi ajar adalah kurang memahami tentang materi IPS, (3) kendala dalam pemilihan metode pembelajaran adalah ketidak sesuaian metode yang dipilih dengan kondisi siswa dan waktu yang terbatas disekolah latihan.


Keywords


PPLK, Kendala, Mahasiswa Pandemi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37278

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.