PENGGUNAAN MEDIA INTERNET PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MANDAILING NATAL

Inayah Az Zahra, Buchari Nurdin, Kaksim Kaksim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi Meluasnya penggunaan internet memungkinkan siswa untuk mengakses informasi secara efektif tanpa terbatas oleh waktu. Nilai manfaat dari internet itu sendiri juga meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan penggunaan internet. Internet belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai sumber informasi untuk membantu pendidikan. Minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media internet yang meliputi berbagai website untuk mencari ilmu. Guru dapat memanfaatkan internet untuk meneliti sumber daya dan memberikan referensi dalam bahan ajar selain siswa. Hasil penelitian ini adalah desain pembelajaran online berhasil karena sekolah juga menyediakan fasilitas dan peralatan yang diperlukan untuk proses pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa ketika menggunakan media internet, siswa belajar konten lebih efektif jika mereka memiliki kontak langsung dengan guru, sedangkan mereka menggunakan media internet lebih banyak saat melakukan aktivitas. Hal ini dapat diamati melalui berbicara dengan siswa dan melakukan pengamatan terhadap mereka. Pembatasan jaringan dan kuota, serta tidak semua mahasiswa melek teknologi menjadi kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengkonsumsi media internet. Dimasa sekarang tentunya sangat berpengaruh terhadap pengetahuan. Namun, peserta didik juga merasa selain dengan bertatap muka, menggunakan media internet juga menjadi sarana pengetahuan baru untuk lebih mahir dalam menggunakan media internet.


Keywords


Internet, Sejarah, MAN 1 Mandailing Natal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37323

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.