PENERAPAN KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DI SMAN 3 PADANG PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X

Cisya Sehan Kenanga, Liza Husnita, Juliandry Kurniawan Junaidy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan kurikulum sekolah penggerak dalam pembelajaran sejarah di SMAN 3 Padang. Setelah itu mendeskripsikan evaluasi pembelajaran sejarah kelas X dengan penerapan kurikulum sekolah penggerak di SMAN 3 Padang. Dilatar belakangi oleh adanya perbaikan kurikulum dan model pembelajaran pada semua mata pelajaran sekolah, termasuk salah satunya mata pelajaran sejarah. Peralihan pelaksanaan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum sekolah penggerak menyebabkan adanya beberapa perubahan dalam sistem pembelajaran di sekolah, khususnya di SMAN 3 Padang yang dipilih sebagai salah satu sekolah pelopor untuk kurikulum sekolah penggerak di Kota Padang. Perubahan tersebut diantaranya seperti dihapusnya RPP dan diganti kedalam bentuk modul sekolah penggerak, dihapusnya sistem sejarah peminatan dan sejarah wajib untuk meringkas jam pelajaran, belum ditetapkannya acuan standar penilaian khusus seperti pada kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sistem belajar mengajar sekolah penggerak mengacu pada profil pelajar Pancasila dan sistem fase.

Keywords


Kurikulum, Sekolah Penggerak, Sejarah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37338

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 689 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.