MEDIA LUDO GAME SEJARAH (LUGAS) DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS X MIPA 1 SMAN 13 PADANG

Felia Felia, Liza Husnita, Meldawati Meldawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Media Ludo Game Sejarah (Lugas) dan Untuk Menguji kelayakan Pengembangan Media Ludo Game Sejarah (Lugas). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan model 4-D meliputi 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Desiminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mipa 1 yang mengikuti proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 13 Padang tahun ajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 35 peserta didik.Hasil dari penelitian sebagai berikut. Pertama uji validitas dengan ketegori sangat valid dengan memperoleh skor rata-rata 86,97% dari berbagai aspek penilaian. Aspek kelayakan bahasa persentase 90,62%, aspek kelayakan materi persentase 89,06% dan aspek kelayakan media 81,25%. Kedua, Uji praktikalitas guru dengan skor 36 tingkat persentase 90% dengan predikat “Sangat praktis”. Angket respon siswa pada kelas implementasi yang berjumlah 35 siswa, pengolahan data menggunakan Microsoft Excel, diperoleh skor 1.237 persentase senilai 88,35% dengan kategori “Sangat Praktis”. Praktikalitas siswa tahap uji praktikalitas ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen tingkat kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti.

Keywords


Media, Ludo, Team Game Tournament (Tgt).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37369

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.