PEMANFAATAN BENTENG ANNA (FORT ANN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 3 MUKOMUKO

Resti Oktria Anisa, Meldawati Meldawati, Livia Ersi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya sekolah dalam memanfaatkan situs Benteng Anna sebagai sumber belajar sejarah bagi peserta didik tingkat SMA di kabupaten Mukomuko. Padahal Benteng Anna merupakan bukti peninggalan nyata kolonial Inggris di Mukomuko, yang memberikan informasi yang konkret pada peserta didik tentang pembelajaran sejarah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan benteng anna sebagai sumber belajar sejarah dan koleksi yang dapat dimanfaatkan serta kendala-kendala dalam pemanfaatan benteng anna dalam sumber belajar sejarah. Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan benteng anna sebagai sumber belajar sejarah serta mendeskripsikan apa saja yang bias dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah. Serta mendeskripsikan kendala-kendala apa saja yang dialami oleh guru dan bagaimana cara guru dalam menghadapi kendala-kendala dalam pemanfaatan benteng anna sebagai sumber belajar sejarah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian adalah Situs Benteng Anna dan SMA Negeri 3 Mukomuko. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah, pamong budaya serta peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah pertama, guru dalam memanfaatkan Situs Benteng Anna sebagai sumber belajar sejarah bagi peserta didik tingkat SMA di Kabupaten Mukomuko, guru menjabarkan dalam bentuk RPP, sesuai dengan K.D, dan kemudian K.D dijabarkan oleh guru dalam Indikator. Selanjutnya untuk mencapai indikator guru menjabarkan ke dalam tujuan pembelajaran. Sebelum melakukan kunjungan ke Benteng Anna guru memberikan arahan serta tugas kepada peserta didik dalam beberapa kelompok. Kedua, koleksi-koleksi yang ada di Situs Benteng Anna memang tidak banyak ada beberapa namun bias dimanfaatkan sebagai ssumber belajar bagi peserta didik tingkat SMA di Kbupaten Mukomuko tergantung pada materi pembelajaran di sekolah. Ketiga, guru dan peserta didik juga menemukan kendala dalam memanfaatkan Situs Benteng Anna sebagai sumber belajar sejarah antara lain, kendala perizinan dari sekolah, kendala waktu,dan kendala transportasi. Namun kendala tersebut dapat di atasi oleh guru dan peserta didik itu sendiri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Mukomuko sudah memanfaatkan benteng anna sebagai sarana pembelajaran sejarah


Keywords


Benteng Anna, Sumber Belajar, Sejarah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37502

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.